Ekspedisi Udara Jenis Pengiriman Paling Favorit Dan Populer

Jasa ekspedisi menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan untuk proses pengiriman yang cepat dan praktis sekarang ini, hanya dengan estimasi 1-2 hari barang Anda dapat sampai ke tempat tujuan. Umumnya konsumen menggunakan cargo udara untuk mengirim barang-barang penting ke luar pulau dengan jarak yang cukup jauh. Contohnya seperti pengiriman barang dari Jakarta ke Timika, Papua. Dari Jakarta ke Timika Papua bila menggunakan cargo udara, maka akan memakan waktu lebih singkat yaitu 4-5 hari saja, dibanding menggunakan kapal cepat pelni yang membutuhkan waktu ekspedisi sampai 14 hari.

Hal inilah yang membuat kebutuhan akan pengiriman barang melalui jalur udara terus meningkat setiap tahunnya yang diiringi pun pertumbuhan digital yang pesat.Walaupun biaya pengiriman menggunakan cargo udara (Cargo Express) cukup tinggi dibanding pengiriman cargo melalui darat atau laut (Cargo Reguler), tetapi tidak boleh cemas , tetap menyediakan layanan cargo udara yang terjangkau dibanding perusahaan ekspedisi lainnya.Namun pada akhir nya msalah onkir menjadi masalah utama dalam pengirman barang untuk itu anda harus melaukuan cek onkir barang terlebih dahulu di laman website yang anda percayai.

Kelebihan Menggunakan Jasa Ekspedisi Udara

Jasa ekspedisi udara memang lebih disenangi tidak tidak banyak konsumen dalam mengirimkan barang, sebab menyerahkan sekian tidak sedikit macam kemudahan, seperti;

1. Waktu Lebih Cepat

Pengiriman barang dengan cargo udara pastinya lebih cepat dan tidak perlu memakan waktu berhari-hari guna hingga ke alamat tujuan. Namun dibandingkan pula dengan jarak tempuh pengiriman ke distrik tersebut. Untuk anda yang berkeinginan mengirimkan barang ke lokasi yang jauh tapi membutuhkan waktu cepat, maka dapat menggunakan ekspedisi udara sebagai solusi.

2. Pengiriman Aman

Dengan keamanan yang lebih ketat, membuat pengiriman dengan cargo udara menjadi lebih aman sebab ketika bercita-cita terbang dan tiba masing-masing barang selalu dicek oleh pihak bandara.

3. Fasilitas Pengiriman

Pengiriman barang melalui udara juga mendapatkan fasilitas tertentu seperti keamanan double, paking gratis sampai asuransi guna dagangan yang sifatnya berharga.

Jenis Cargo Pengiriman Udara

Perlu diketahui bahwa tidak semua barang bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman udara atau pesawat terbang. Anda harus memahami bahwa dalam pengiriman barang melaui udara memiliki pembagian jenis barang, penerapan pajak tertentu dan ketatnya keamanan. Berikut ini sekian tidak sedikit kategori barang yang dapat dikirim melalui jasa cargo udara;

1. General Cargo

General Cargo merupakan kategori untuk barang umum (tidak spesial) dan tidak membahayakan, tidak busuk / mati, tidak perlu penanganan khusus dan tidak mudah rusak. Adapun ketentuan seperti pengangkutan memenuhi aturan yang berlaku, berat dan ukurannya dapat ditampung ke dalam ruangan pesawat udara (Compartement). Contoh barang General Cargo seperti; Spare Part, Keperluan Rumah Tangga, Peralatan Kantor, Elektronik, Buku, Pakaian “Garmen – Tekstil” dan lainnya.

2. Special Cargo

Special Cargo merupakan kategori guna dagangan yang memerlukan penanganan khusus “Special Handling” dari penerimaan, penyampaian atau pengangkutan. Contoh yang dikategorikan Special Cargo seperti; jenazah yang sudah dikremasi, mayat manusia, barang yang mudah hancur, perhiasan mewah, organ tubuh manusia, barang diplomatik, ikan, buah-buahan, bibit tanaman, sayuran, durian dan minyak wangi. Bila dikategorikan secara garis besar seperti; Live Animal (AVI), Human Remain (HUM), Perishable Goods (PER), Valuable Goods (VAL), Strongly Smelling Goods, Live Human Organ (LHO) dan Diplomatic Pouch (DIP).

3. Dangerous Goods (DG)

Dangerous Goods merupakan kategori untuk jenis barang-barang yang sifatnya membahayakan orang lain (Terganggu-nya Kesehatan dan Keselamatan Penerbangan) atau lingkungan sekitarnya. Untuk pengangkutan barang Dangarous Goods memerlukan jenis pesawat khusus dan tidak bersamaan dengan penumpang. Contoh barang Dangerous Goods seperti peluru, petasan, Hydrogen, Propane, barang yang mudah terbakar (Cair dan Padat), barang yang mudah menguap, racun, virus, bakteri, samurai, zat kimia, dan lainnya. Bila dikategorikan secara garis besar seperti; Exsplosive Goods (REX), Gasses (RPG), Flammable Liquids (RFL), Flammable Solids (RFS), Oxidizing Substances (ROX) & Organic Peroxide, Toxic (RPB) & Infectious Substances (RIS), Raidoactive Material (RFW), Corrosives (RCM) dan Miscellaneous Dangerous Goods (RMD).

 

Leave a Comment