Fungsi Belt Conveyor Dalam Industri yang Perlu kita Ketahui

 

 

 

belt cleaner – Tentu kita sering menyaksikan alat belt conveyor atau susunan ban berlangsung di bandara, pabrik, perkebunan sawit atau tempat industri lainnya. Di dalam pabrik, Anda dapat melihat belt conveyor dalam format menyerupai sabuk yang berlangsung dalam kecepatan tertentu baik secara oleng maupun horizontal. Fungsi belt conveyor lumayan penting baik guna industri berskala besar maupun kecil.

Fungsi Belt Conveyor dalam Industri
Rangkaian ban berlangsung belt conveyor didesain sedemikian rupa sampai-sampai mampu bermanfaat untuk mengalihkan material dari satu mesin ke mesin lainnya supaya bisa diproses secara kontinu. Sedangkan material sabuknya dapat terbuat dari logam maupun karet. Mesin ini memanfaatkan kapabilitas transmisi tinggi dan transmisi jarak jauh untuk mengalihkan material industri tambang laksana basal, granit, kuarsa dan material lainnya.

Belt conveyor memakai struktur yang simpel namun lumayan canggih. Struktur mesinnya gampang dioperasikan walau mempunyai kapasitas pemindahan yang tinggi guna jarak lumayan panjang. Dalam situasi tertentu, belt conveyor dilengkapi sejumlah komponen di luar komponen utamanya laksana scraper conveyor guna memudahkan faedah belt conveyor dalam mengalihkan material pertambangan maupun kemasan produk.

Adanya belt conveyor menciptakan proses buatan jadi lebih cepat dan efisien. Proses pemindahan barang dari satu segmen ke segmen lainnya dapat dilakukan dalam masa-masa lebih singkat. Sebagai misal dalam proses pengisian botol minuman, pemindahan botol-botol yang sudah dimurnikan ke proses pengisian dapat dilakukan melulu dalam waktu sejumlah detik saja.

Botol yang telah terisi minuman lantas bergeser ke unsur penyegelan atau pemasangan tutup botol. Semua proses tersebut dapat dilakukan tanpa mesti mengalihkan botol secara manual dari satu unsur ke unsur lainnya. Cukup menggeser botol dan dalam sejumlah detik botol pun telah siap diedarkan.

Belt Conveyor dan Scraper Conveyor
Berdasarkan keterangan dari komponen yang berkeinginan dipindahkan, terdapat dua jenis belt conveyor yang sering digunakan di dalam industri yaitu belt conveyor tunggal dan multi conveyor. Bagi multi conveyor umumnya digabungkan dengan perlengkapan transfer lainnya yang dicocokkan menurut keperluan jalur transfer barang. Agar belt conveyor bisa bermanfaat dengan baik, pengoperasian perangkat ini ditata dalam situasi suhu antara -20 derajat celcius hingga 40 derajat celcius. Sedangkan material yang dialihkan usahakan diatur supaya tak lebih dari 50 derajat celcius.

Pada pengoperasian conveyor tunggal maupun multi conveyor, terkadang hadir permasalahan sulitnya mengalihkan barang dari bawah ke atas. Kebanyakan belt conveyor mempunyai ban yang memanjang secara horizontal maupun oleng bukan vertikal. Kalau hendak memindahkan barang secara vertikal maka yang digunakan ialah scaper conveyor.

Fungsi scraper conveyor sebetulnya sama dengan faedah belt conveyor. Bedanya sabuk yang digunakan pada scraper conveyor ada rantai yang menggerakan casing secara perlahan dari bawah ke atas. Pemakaian scraper conveyor ini diantaranya pada pemindahan barang dari bawah laut ke permukaan atau pemindahan barang yang memerlukan kecepatan rendah.

 

Leave a Comment