Menu
Berita Hari Ini

Karena Turun Bagian Awal Pesan Yasin

  • Share

Pesan Yasin jadi salah satu pesan terkenal untuk warga Mukmin Indonesia. Sebabnya, surah ini sering dibaca untuk golongan Mukmin konvensional di hari serta durasi khusus, lalu gimana bagian awal dalam surah yasin diturunkan? Pemimpin As- Suyuthi dalam kitabnya bertajuk Asbabun Nuzul menjabarkan, dalam bagian awal serta kedua Surah Yasin, Allah berkata dengan sidang pengarang:

“ Yaasin. Walqur’ anil- hakim,”. Yang maksudnya:“ Yasin. Untuk Alquran yang penuh kearifan,”. Ibnu Abbas berkata kalau kala Rasulullah SAW membaca Pesan As- Sajdah dengan suara keras, banyak orang Quraisy merasa tersendat. Mereka setelah itu memulai menganiaya Rasulullah SAW tetapi seketika tangan mereka terbelenggu di pundak- pundaknya. Kemudian, mereka juga jadi tunanetra.

Mereka setelah itu menginginkan bantuan Rasul serta mengatakan:“ Kita amat menginginkan dorongan tuan atas julukan Allah serta atas julukan keluarga,”. Hingga setelah itu turunlah 10 bagian, ialah bagian awal sampai bagian kesepuluh Pesan Yasin. Pada bagian ke- 10, Allah berkata:“ Wa sawaa- un alaihim a- andzartahum am lam tundzirhum laa yu’ minun,”.

Yang maksudnya:“ Serupa saja untuk mereka apakah kalian berikan mereka peringatan ataukah kalian tidak berikan peringatan pada mereka, mereka tidak hendak beragama,”. Pemimpin Al- Qurthubi, bagi Pemimpin As- Suyuthi menarangkan, yang diartikan mereka dalam bagian itu merupakan banyak orang Quraish pembangkang. Yang tercantum di dalamnya terdapat Abu Jahal, Al- Walid bin Al- Mughirah, serta seseorang dari Anak cucu Makhzum yang tidak dikenal namanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *