Pengertian, Manfaat dan Strategi Upsell Bisnis Kopi

Walaupun jenis strategi penjualan di dunia nyaris sama jumlahnya dengan tenaga penjual, tetapi strategi upsell bisnis kemitraan kopi menjadi strategi terpenting. Strategi upsell bertujuan untuk membina hubungan baik dan memperpanjang umur semua pelanggan bisnis kamu. Mungkin anda sering mendengar pelayan yang menanyakan topping tambahan untuk konsumen. Seperti “Kopi dengan topping chocochip?” atau “Mau tambahan cream?” Hal itu dapat meningkatkan pendapatan bisnis kopi kamu sampai jutaan rupiah. Teknik penjualan itu mendorong konsumen supaya membeli produk minuman kopi dalam versi yang lebih mahal. Teknik ini pun sudah dipakai oleh semua pemilik bisnis dalam sejumlah dekade sebagai penyamaran untuk menambah rasa puas semua konsumen.

  • Pengertian Upsell Dalam Bisnis Kopi

Upsell bisnis kopi ialah sebuah strategi penjualan produk kopi saat penjual berupaya mendorong konsumen untuk menerbitkan uang lebih. Caranya dengan merekomendasikan pilihan menu yang premium, lebih mahal, atau menawarkan produk yang lebih mewah. Hal ini bertujuan guna memaksimalkan nilai pembelian konsumen, supaya meningkatkan deviden dalam bisnis kopi. Pengertian sederhananya ialah membuat konsumen menerbitkan uang lebih dari yang mereka pikirkan sebelum. Karena penawaran unik yang bisnis kopi anda berikan.

  • Manfaat Upsell Bagi Bisnis Kopi

Upsell adalahsuatu seni yang bertujuan menambah pengalaman melakukan pembelian barang konsumen dan mendapatkan deviden lebih dari mereka. Banyak empunya bisnis kopi offline dan online yang paling mengandalkan strategi upsell karena berfungsi untuk:

1. Meningkatkan Nilai Umur Pelanggan

Nilai usia pelanggan atau customer lifetime value adalahnilai yang didapatkan dari konsumen sekitar masa hidupnya. Ada 3 jenis pelanggan, yakni menguntungkan, paling menguntungkan, dan tidak menguntungkan. Teknis upsell strategis dapat kamu pakai untuk mengolah konsumen yang tidak menguntungkan menjadi konsumen yang menguntungkan. Di samping itu, anda juga dapat mengganti konsumen yang menguntungkan menjadi konsumen yang paling menguntungkan. Biasanya semua pemilik bisnis kopi memakai strategi upsell guna konsumen yang berlangganan untuk menciptakan konsumen memilih produk yang lebih menguntungkan. Khususnya saat anda sedang merilis produk baru. Teknik ini tentu akan lebih tidak sedikit mendapatkan deviden tanpa investasi ekstra untuk bisnis kopi kamu.

2. Memuaskan Pelanggan Setia

Berdasarkan survei, mendapat  $ 1 dari pelanggan setia ialah 68% lebih irit daripada menemukan $ 1 dari pelanggan baru.

3. Pelanggan Menghargai Upsell

Strategi upsell dapat meningkatkan empiris pelanggan saat melakukan pembelian barang secara borongan dengan teknik mengarahkan mereka pada pilihan yang lebih baik. Sebagian besar pelanggan paling menghargai promo diskon, ekstra topping, atau penambahan dari penjual. Karena ketika memilih pilihan menu, dapat membuat pelanggan menemukan kesepakatan pembelian yang lebih baik.

4. Membantu Membangun Hubungan

Upsell bisnis kopi adalahstrategi penjualan yang paling kuat guna menghasilkan kondisi yang sama-sama menguntungkan untuk pelanggan dan empunya bisnis. Saat pelanggan menemukan penawaran yang lebih tidak sedikit dari nilai sebelumnya, menciptakan mereka menikmati kesepakatan yang lebih baik. Sedangkan pada sisi yang lain, empunya bisnis kopi dapat memaksimalkan pendapatan. Hal ini dapat membina hubungan baik antara pelanggan dan empunya bisnis kopi kedepannya.

  • Teknik dan Strategi Upsell

Upsell adalahstrategi cerdas yang bisa kamu pakai pada setiap drainase pemasaran. Mulai dari etape perolehan prospek hingga ke etape purna jual. Berikut ini kiat dan strategi upsell dalam bisnis kopi, yaitu:

1. Sebelum Dijual

Rekomendasi produk kopi, diskon ekstra atau premium, dan penawaran ketika anda kesatu kali kontak dengan pelanggan. Misalnya, anda pasti pernah mengejar menu penawaran sangat populer, penawaran terbaik, dan lain-lain di marketplace atau website web ecommerce.

2. Saat Penjualan Produk

Rekomendasi dari tenaga penjaja dan penawaran menu tambahan ketika terjadi transaksi jual beli di kedai kopi. Contohnya menawarkan menu kopi terbaru, topping terbaru, promo yang sedang berlangsung, atau diskon guna produk premium.

3. Setelah Transaksi Penjualan

Teknik upsell bisnis kopi yang terakhir ialah kamu mengantarkan email, panggilan telepon, atau sms untuk pelanggan sesudah transaksi penjualan. Agar pada transaksi pembelian berikutnya, pelanggan Anda bakal memilih versi produk kopi yang jauh lebih baik.

  • Tips Upsell Bisnis Kopi

Saat anda memilih strategi upsell untuk menambah angka penghasilan pada bisnis kopi. Ada sejumlah tips supaya teknik upsell berhasil dan menghasilkan deviden yang maksimal, yaitu:

1. Memahami Kebutuhan Konsumen

Sebagian besar konsumen tidak memahami keperluan mereka yang sebetulnya saat melakukan pembelian kopi. Saat anda dapat memahami keperluan konsumen, maka anda dapat menyerahkan produk dan pelayanan yang lebih tepat guna konsumen tersebut. Contohnya saat anda mendapatkan konsumen baru yang tidak mengetahui sekian banyak  jenis minuman kopi. Kamu dapat menawarkan kopi yang enteng dan sesuai untuk konsumen kopi pemula.

2. Produk Promosi

Tips strategi upsell bisnis kopi selanjutnya ialah menawarkan produk promosi. Saat konsumen sedang memesan produk kopi, kamu dapat menawarkan produk promosi untuk konsumen. Agar konsumen tersebut memahami bahwa terdapat produk yang sedang anda promosikan. Contohnya ketika konsumen sedang memesan kopi latte, kamu dapat menawarkan produk cheese cake atau Dalgona Coffee premium yang sedang diskon.

3. Memahami Budget Konsumen

Saat konsumen sedang memesan sebuah produk kopi, secara tidak langsung anda akan memahami berapa budget mereka untuk melakukan pembelian kopi. Kamu dapat menawarkan produk yang tidak banyak lebih mahal guna menjadi opsi terbaik konsumen tersebut. Pastikan produk yang anda tawarkan ini mempunyai kualitas yang lebih baik dari produk yang dipesan oleh konsumen. Agar kesempatan strategi upsell bisnis kopi sukses lebih besar.

4. Produk yang Mempunyai Kuantitas Lebih Besar

Menawarkan produk yang memiliki kuantitas lebih pun dapat anda terapkan dalam strategi upsell. Contohnya konsumen memesan kopi ukuran 200 ml ekuivalen Rp 15.000. Kamu dapat menawarkan produk kopi yang sama dengan pesanan konsumen, namun dalam kemasan yang lebih banyak atau 400 ml. Namun, pastikan ketika penawaran, harga yang anda tawarkan dibawah harga normal 2 gelas kopi ukuran 200 ml. Jika kopi kemasan 200 ml Rp 15.000, maka penawaran harga kopi kemasan 400 ml menjadi Rp 25.000.

Leave a Comment