Surga Bawah Air Zona Khatulistiwa

berita parigi moutong ~ Indonesia yang selama 3,25 dari 7,81 juta kilometer perseginya berupa lautan, pastinya mempunyai kekuatan dalam sektor kelautan yang luar biasa. Tak terdapat habis-habisnya membicarakan obyek wisata bahari yang bisa memanjakan semua pelancong di Indonesia. Seperti artikel ini, mengenai wisata bahari Teluk Tomini di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yang tidak sedikit diminati penyelam dan semua peneliti biota laut. Bahkan teluk ini disinggung center of diversity sebab kekayaan biodiversitasnya sangat tinggi salah satu segitiga terumbu karang dunia.

Teluk yang luasnya menjangkau 6 juta hektar dengan 90 pulau ini menjadi primadona untuk penyelam dari dalam maupun luar negeri. Letaknya berada tepat di atas khatulistiwa yang menjadikannya kaya dengan makhluk hidup yang menarik nan eksotis. Berbagai jenis terumbu karang tumbuh subur di Teluk Tomini. Pemandangan tersebut diakibatkan oleh situasi perairannya yang kondusif, laksana arus yang tenang sebab berada di teluk yang luas dan cahaya matahari yang cukup.

Salah satu jenis terumbu karang yang terdapat di sini ialah Sea Fan, yang dapat didatangi di kedalaman 30 meter titik penyelaman Ampibabo. Sea Fan ialah jenis terumbu karang yang melulu dapat tumbuh di perairan yang mempunyai kualitas baik. Jaringannya tidak jarang berwarna merah, kuning, atau juga oranye. Di samping itu, jenis ikan karang pun ditemukan paling tinggi di Teluk Tomini. Survey di tahun 2007 mengejar sedikitnya 819 spesies ikan karang sedang di teluk ini. Maka tak heran bila Teluk Tomini pun menjadi rumah untuk beberapa hewan endemik, hewan yang tidak ditemukan di wilayah lainnya. Salah satu jenisnya ialah ikan hias Banggai Cardinal Fish (BCF) atau capungan Banggai.

Di samping itu, Teluk Tomini pun menjadi wilayah penting untuk ruaya (migrasi) sejumlah jenis ikan hemat tinggi, sebut saja ikan sidat yang lebih dikenal dengan sebutan eel di dunia internasional. Hasil riset universitas Tokyo misalnya, menuliskan sejumlah species eel ditemukan beruaya ke Teluk Tomini dan menjadikan perairan ini sebagai nursery ground nya(tempat pembesaran).

Leave a Comment