Tips dari Para Desainer Web bagi Anda yang ingin Membuat Katalog Elektronik

 

Software ProcurementTak dapat dipungkiri, desain web dan katalog elektronik memiliki beberapa kesamaan. Selain kontennya yang digital, keduanya juga harus memiliki elemen-elemen yang sama seperti warna, komponen, foto dan teks. Para web desainer membagikan tips untuk Anda yang ingin membuat katalog elektronik berdasarkan pengetahuan mereka dalam dunia digital.

Apa yang membuat desain itu disebut bagus?

Kunci dari katalog elektronik yang bagus adalah user experience yang sangat baik. Jadi, tidak hanya terlihat bagus, tapi punya elemen fungsional bagi pengunjung untuk bernavigasi dengan nyaman setiap halamannya.

  • Prioritaskan pengguna smartphone

Disaat semua orang memegang smartphone di tangan, desain katalog elektronik harus menyesuaikan diri. Google sangat menghargai desain web yang responsif. Ini bisa menjadi tolak ukur saat membuat katalog elektronik. Tema-tema yang responsif dan layout single page bisa dijadikan acuan. Tombol-tombol di dalam katalog juga harus terlihat jelas dan tidak tenggelam diantara teks lain.

  • Desain simple dan clean

Desain website yang simple dan clean memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari. Elemen ini dapat dijadikan acuan untuk katalog elektronik juga. Display yang bersih dan terlihat melegakan akan menampilkan informasi yang lebih jelas.

  • Mudah dibaca

Pengguna internet masakini lebih suka memindai konten alih-alih membaca secara detail. Kita harus beradaptasi dengan cara mereka menerima informasi. Elemen visual dan teks harus mempertimbangkan cepetan informasi tersebut disampaikan. Tipografi teks sangat membantu Anda untuk mendesain katalog elektronik yang berbeda dari biasanya. Jangan lupa untuk memisahkan paragraf dengan headline dan subheadline. Anda juga bisa menggunakan kontras warna untuk menonjolkan teks tertentu.

  • Mudah dinavigasikan

Fungsi katalog elektronik hampir sama dengan website. Ada halaman-halaman yang bisa dibuka dan pengunjung bisa bernavigasi. Struktur katalog yang baik akan memudahkan pengunjung dan tidak malah membuat mereka frustrasi dengan susahnya mencari-cari informasi. User ingin dapat info dengan cepat. Jika tidak? Mereka tidak segan untuk keluar dari halaman katalog Anda dan mencari katalog lain. Menu navigasi yang jelas biasanya horizontal dan subkategorinya vertikal. Sedangkan tombol-tombolnya deskriptif juga jelas diarahkan ke halaman mana.

3 click rule!

Ini adalah motto para desainer web yang bisa Anda curi. Aturan 3 klik Adalah acuan agar informasi harus bisa didapatkan kurang dari 3 klik.

 

 

Leave a Comment